1. Tahap Perencanaan (Planning)
Semua proyek konsruksi biasanya dimulai dari gagasan atau rencana dan dibangun berdasarkan kebutuhan (need). Pihak yang terlibat adalah pemilik.
2. Tahap Studi Kelayakan (Feasibility Study)
Pada tahap ini adalah untuk meyakinkan pemilik proyek bahwa proyek konstruksi yang diusulkan layak untuk dilaksanakan.
Kegiatan yang dilaksanakan :
• Menyusun rancangan proyek secara kasar dan membuat estimasi biaya
• Meramalkan manfaat yang akan diperoleh
• Menyusun analisis kelayakan proyek
• Menganalisis dampak lingkungan yang akan terjadi
Pihak yang terlibat adalah konsultan studi kelayakan atau konsultan manajemen konstruksi (MK)
3. Tahap Penjelasan (Briefing)
Pada tahap ini pemilik proyek menjelaskan fungsi proyek dan biaya yang diijinkan sehingga konsultan perencana dapat dengan tepat menafsirkan keinginan pemilik.
Kegiatan yang dilaksanakan :
• Menyusun rencana kerja dan menunjuk para perencana dan tenaga ahli
• Mempertimbangkan kebutuhan pemakai, keadaan lokasi dan lapangan, merencanakan rancangan, taksiran biaya, persyaratan mutu.
• Menyiapkan ruang lingkup kerja, jadwal, serta rencana pelaksanaan
• Membuat sketsa dengan skala tertentu sehingga dapat menggambarkan denah dan batas-batas proyek.
Pihak yang terlibat adalah pemilik dan Konsultan Perencana.
4. Tahap Perancangan (Design)
Pada tahap ini adalah melakukan perancangan (design) yang lebih mendetail sesuai dengan keinginan dari pemilik. Seperti membuat Gambar rencana, spesifikasi, rencana anggaran biaya (RAB), metoda pelaksanaan, dan sebagainya.
Kegiatan yang dilaksanakan :
• Mengembangkan ikthisiar proyek menjadi penyelesaian akhir
• Memeriksa masalah teknis.
• Meminta persetujuan akhir dari pemilik proyek
Mempersiapkan :
Rancangan terinci
Gambar kerja, spesifikasi dan jadwal
Daftar kuantitas
Taksiran biaya akhir
Pihak yang terlibat adalah konsultan perencana, konsultan MK, konsultan rekayasa nilai dan atau konsultan quantitiy surveyor.
5. Tahap Pengadaan/Pelelangan (Procurement/Tender)
Pada tahap ini bertujuan untuk mendapatkan kontraktor yang akan mengerjakan proyek konstruksi tersebut, atau bahkan mencari sub kontraktornya
Kegiatan yang dilaksanakan :
• Prakulaifikasi
• Dokumen Kontrak
Pihak yang terlibat adalah pemilik, pelaksana jasa konstruksi (kontraktor), konsultan MK.
6. Tahap Pelaksanaan (Construction)
Tujuan pada tahap ini adalah mewujudkan bangunan yang dibutuhkan oleh pemilik proyek yang sudah dirancang oleh konsultan perencana dalam batasan biaya, waktu yang sudah disepakati, serta dengan mutu yang telah disyaratkan.
Kegiatan yang dilaksanakan adalah merencanakan, mengkoordinasikan, mengendalikan semua oprasional di lapangan :
• Kegiatan perencanaan dan pengendalian adalah:
Perencanaan dan pengendalian
Jadwal waktu pelaksanaan
Organisasi lapangan
Tenaga kerja
Peralatan dan material
• Kegiatan Koordinasi
Mengkoordinasikan seruh kegiatan pembangunan
Mengkoordinasi para sub kontraktor
Pihak yang terlibat adalah Konsultan Pengawas dan atau Konsultan MK, kontraktor, Sub Kontraktor, suplier dan instansi terkait.
7. Tahap Pemeliharaan dan Persiapan Penggunaan (Maintenance & Start Up)
Tujuan pada tahap ini adalah untuk menjamin agar bangunan yang telah sesuai dengan dokumen kontrak dan semua fasilitas bekerja sebagaimana mestinya.
Kegiatan yang dilakukan adalah :
• Mempersiapkan data-data pelaksanaan, baik berupa data-data selama pelaksanaan maupun gambar pelaksanaan (as build drawing)
• Meneliti bangunan secara cermat dan memperbaiki kerusakan- kerusakan
• Mempersiapkan petunjuk oprasional/pelaksanaan serta pedoman pemeliharaan.
• Melatih staff untuk melaksanakan pemeliharaan
Pihak yang terlibat adalah Konsultan Pengawas/ MK, pemakai, pemilik.
SUMBER:
http://file.upi.edu/Direktori/FPTK/JUR._PEND.TEKNIK_SIPIL/SITI_NURAISYIAH/Proyek_Konstruksi.pdf
http://www.docstoc.com/docs/21615276/MANAJEMEN-PROYEK-KONSTRUKSI-%5BCompatibility-Mode%5D
Kepada Yth.
ReplyDeletePERUSAHAAN BUMN & SWASTA NASIONAL
Di Tempat
Up : Pimpinan / Finance Manager
Bersama ini Kami ingin memperkenalkan diri, bahwa PT ANUGRAH LUAS JAYA adalah Perusahaan yang bergerak dibidang Jasa Penerbitan Jaminan Bank Garansi & Surety Bond Tanpa Agunan atau Non Collateral,Proses Cepat,Bisa dicek Keabsahanya dan Polis kami antar.
Jenis jaminan yang kami terbitkan yaitu sbb:
1.Jaminan Penawaran/ Bid( Tender) Bond.
2.Jaminan Pelaksanaan/ Peformance Bond.
3.Jaminan Uang Muka/ Advance Payment Bond.
4.Jaminan Pemeliharaan/ Maintenance Bond.
5.Jaminan pembayaran akhir tahun SP2D
Juga beberapa produk jenis asuransi umum lainnya yang kami layani, antara lain:
1.Custom Bond
2.Asuransi Cargo
3.Construction All Risk ( CAR )
Jenis jaminan Asuransi kami terbitkan antaranya sbb:
• PT. Asuransi Askrindo
• PT.Asuransi Jamkrindo
• PT.Asuransi ASEI
• PT.Asuransi Sinarmas
• PT.Asuransi Jasaharja
• PT.Asuransi Berdikari
• PT.Asuransi ACA
• PT.Asuransi Intra Asia
• PT.Asuransi Bosowa
• PT.Asuransi Raya
• PT.Asuransi Mega Pratama
• PT.Asuransi Ramayana Dll
Jenis Bank Garansi Kami terbitkan sbb:
• Bank Mandiri
• Bank BRI
• Bank BCA
• Bank BTN
• Bank Syariah Bukopin
• Bank BNI
• Bank BPD DKI
• Bank BPD KALTIM
• Bank BPD Bengkulu
• Bank BPD JATIM
• Bank BPD BJB
Syarat - Syarat Penerbitan Bank Garansi & Surety Bond Adalah :
* Membuat surat permohonan Bank Guarantee / Surety Bond
* Melampirkan Company profil / Biodata prusahaan lengkap
* Melampirkan laporan keuangan ( neraca rugi/laba ) 2 tahun terakhir
* Melampirkan photo cofy undangan lelang /SPK/P.O/RKS & Surat kontrak lainya
CONTOH HITUNG PREMI BANK GARANSI
CONTOH HITUNG PREMI ASURANSI
Nilai Jaminan X Rate + ADM
500.000.000 X 2,5% + 100.000 = RP 12.600.000
Total Premi = RP 12.600.000
Nilai Jaminan X Rate + ADM
600.000.000 X 0,25% + 25.000 = Rp 1.525.000
Total Premi = Rp 1.525.000
Demikianlah penawaran ini kami sampaikan, semoga ini merupakan awal kerjasama yang baik dan berkesinambungan dimasa yang akan datang. Sambil menunggu konfirmasinya saya ucapkan terimakasih.Besar harapan kami kiranya perusahaan kami diberikan kesempatan dan kepercayaan untuk berpartisipasi dalam kegiatan perusahaan bapak/ibu kelola terutama dalam hal perlindungan terhadap resiko (Wan Prestasi) baik itu proyek yang sedang berjalan / akan dilaksanakan maupun proyek yang sudah berjalan kami memberikan prosedur yang relative mudah yaitu proses cepat serta jaminan polis siap di antar.
Hormat kami,
SAIPUL
PT. anugrah luas jaya
Alamat: Jl. swadyaIIIno45a cempakabaru jakarta pusat
Contatc
Hp (:085212369879 ,)
fax : 021 42888256
Telpon : 021 42888259
E-mail :saipulanugrah22@gmail.com
Kepada Yth.
ReplyDeletePERUSAHAAN BUMN & SWASTA NASIONAL
Di Tempat
Up : Pimpinan / Finance Manager
Bersama ini Kami ingin memperkenalkan diri, bahwa PT ANUGRAH LUAS JAYA adalah Perusahaan yang bergerak dibidang Jasa Penerbitan Jaminan Bank Garansi & Surety Bond Tanpa Agunan atau Non Collateral,Proses Cepat,Bisa dicek Keabsahanya dan Polis kami antar.
Jenis jaminan yang kami terbitkan yaitu sbb:
1.Jaminan Penawaran/ Bid( Tender) Bond.
2.Jaminan Pelaksanaan/ Peformance Bond.
3.Jaminan Uang Muka/ Advance Payment Bond.
4.Jaminan Pemeliharaan/ Maintenance Bond.
5.Jaminan pembayaran akhir tahun SP2D
Juga beberapa produk jenis asuransi umum lainnya yang kami layani, antara lain:
1.Custom Bond
2.Asuransi Cargo
3.Construction All Risk ( CAR )
Jenis jaminan Asuransi kami terbitkan antaranya sbb:
• PT. Asuransi Askrindo
• PT.Asuransi Jamkrindo
• PT.Asuransi ASEI
• PT.Asuransi Sinarmas
• PT.Asuransi Jasaharja
• PT.Asuransi Berdikari
• PT.Asuransi ACA
• PT.Asuransi Intra Asia
• PT.Asuransi Bosowa
• PT.Asuransi Raya
• PT.Asuransi Mega Pratama
• PT.Asuransi Ramayana Dll
Jenis Bank Garansi Kami terbitkan sbb:
• Bank Mandiri
• Bank BRI
• Bank BCA
• Bank BTN
• Bank Syariah Bukopin
• Bank BNI
• Bank BPD DKI
• Bank BPD KALTIM
• Bank BPD Bengkulu
• Bank BPD JATIM
• Bank BPD BJB
Syarat - Syarat Penerbitan Bank Garansi & Surety Bond Adalah :
* Membuat surat permohonan Bank Guarantee / Surety Bond
* Melampirkan Company profil / Biodata prusahaan lengkap
* Melampirkan laporan keuangan ( neraca rugi/laba ) 2 tahun terakhir
* Melampirkan photo cofy undangan lelang /SPK/P.O/RKS & Surat kontrak lainya
CONTOH HITUNG PREMI BANK GARANSI
CONTOH HITUNG PREMI ASURANSI
Nilai Jaminan X Rate + ADM
500.000.000 X 2,5% + 100.000 = RP 12.600.000
Total Premi = RP 12.600.000
Nilai Jaminan X Rate + ADM
600.000.000 X 0,25% + 25.000 = Rp 1.525.000
Total Premi = Rp 1.525.000
Demikianlah penawaran ini kami sampaikan, semoga ini merupakan awal kerjasama yang baik dan berkesinambungan dimasa yang akan datang. Sambil menunggu konfirmasinya saya ucapkan terimakasih.Besar harapan kami kiranya perusahaan kami diberikan kesempatan dan kepercayaan untuk berpartisipasi dalam kegiatan perusahaan bapak/ibu kelola terutama dalam hal perlindungan terhadap resiko (Wan Prestasi) baik itu proyek yang sedang berjalan / akan dilaksanakan maupun proyek yang sudah berjalan kami memberikan prosedur yang relative mudah yaitu proses cepat serta jaminan polis siap di antar.
Hormat kami,
SAIPUL
PT. anugrah luas jaya
Alamat: Jl. swadyaIIIno45a cempakabaru jakarta pusat
Contatc
Hp (:085212369879 ,)
fax : 021 42888256
Telpon : 021 42888259
E-mail :saipulanugrah22@gmail.com