Welcome

Selamat Datang di Blog Pendidikan Vokasional Konstruksi Bangunan

10.24.2013

Teknologi Dalam Computer Mediated Communication (CMC)


Nama   : M. Agphin Ramadhan
NIM    : 13702251017
Prodi   : S2 Pendidikan Teknologi Kejuruan

Seiring perkembangan teknologi, komputer kini bukan lagi hanya sebagai alat hitung atau olah angka, namun juga sebagai alat olah kata dan data. Lebih jauh, komputer dapat berfungsi sebagai alat pengendali, penyajian ata presentasi (powerpoint), dan media pengajaran bahkan juga dapat digunakan untuk sarana komunikasi. Inilah yang disebut dengan Computer Mediated Communication (CMC) atau dalam Bahasa Indonesia berarti Komputer sebagai media komunikasi. Komputer digunakan sebagai media komunikasi dimulai sekitar tahun 1969. Pada saat itu ada 4 universitas di Amerika Serikat yang membentuk satu jaringan terpadu yang disebut dengan ARPANET. Pada perkembangan selanjutnya ARPANET lebih dikenal dengan INTERNET.
Untuk dapat menggunakan komputer sebagai media komunikasi ada teknologi yang dibutuhkan. Pertama, Protokol Internet (Internet Protocol/ IP) adalah protokol lapisan jaringan (network layer dalam OSI Reference Model) atau protokol lapisan internetwork (internetwork layer dalam DARPA Reference Model) yang digunakan oleh protokol TCP/IP untuk melakukan pengalamatan dan routing paket data antar host-host di jaringan komputer berbasis TCP/IP.

Sebagai data pengguna diproses melalui stack protokol, setiap lapisan menambahkan enkapsulasi di host pengiriman. Data ditransmisikan 'melalui kawat' di tingkat link. Prosedur enkapsulasi dibalikkan oleh penerima. Perantara relay menghapus dan menambahkan enkapsulasi link baru untuk retransmisi, dan memeriksa IP layer untuk tujuan perutean

Kedua, Roting. Routing adalah sebuah proses untuk meneruskan paket-paket jaringan dari satu jaringan ke jaringan lainnya melalui sebuah antar-jaringan (internetwork). Routing juga dapat merujuk kepada sebuah metode penggabungan beberapa jaringan sehingga paket-paket data dapat dialirhantarkan dari satu jaringan ke jaringan selanjutnya. Untuk melakukan hal ini, digunakanlah sebuah perangkat jaringan yang disebut sebagai router. Router-router tersebut akan menerima paket-paket yang ditujukan ke jaringan di luar jaringan yang pertama, dan akan meneruskan paket yang diterima kepada router lainnya hingga sampai kepada tujuannya. Terdapat dua macam routing, yaitu: Static Routing dan Dynamic Routing.


Routing digunakan antara berbagai tingkatan penyedia layanan Internet



Ketiga, Fiber Optic (Serat Optik) bawah laut. Pada awalnya kabel komunikasi bawah laut digunakan untuk membawa lalu lintas telegrafi. Generasi berikutnya kabel bawah laut digunakan untuk membawa lalu lintas telepon. Kabel modern yang telah menggunakan teknologi fiber optik digunakan untuk membawa data-data digital seperti telepon, internet dan data pribadi.


Secara lebih mendetail, komputer sebagai media komunikasi membutuhkan teknologi berupa perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Ada beberapa macam perangkat keras yang paling penting untuk digunakan. Pertama, komputer. Merupakan komponen utama untuk dapat mengkases internet sehingga dapat digunakan sebagai media komunikasi. Spesifikasi komputer yang digunakan dalam koneksi internet sangat menentukan cepat atau lambatnya kinerja akses internet. Kedua, modem. Merupakan singkatan dari Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.
Sedangkan aplikasi atau perangkat lunak (software) yang digunakan adalah sistem operasi dan browser. Sistem operasi merupakan penghubung antara user (pengguna) dengan komputer. Adapun sistem operasi yang umum digunakan untuk mengakses internet adalah windows, Apple dan Linux dengan semua varians yang dimiliki oleh system operasi tersebut. Komputer dengan perangkat keras terbaru biasanya telah mampu menjelaskan sistem operasi Windows 8 atau Windows 7. Browser adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh layanan web (halaman-halaman internet). Browser yang umum digunakan adalah internet explorer browser ini ekslusif hanya dapat berjalan pada sistem operasi windows, Mozila Firefox browser ini dapat berjalan pada system operasi windows, linux dan tentunya Apple, Opera, Safari, Google Chrom.
 
Sistem Operasi dan Browser yang umum digunakan

Selanjutnya adalah web atau aplikasi penyedia layanan komunikasi antar pengguna internet. Contohnya adalah email (google, yahoo, Hotmail, rocketMail, dan lain sebagainya) , social network (facebook, twitter, skype, dan lain sebagainya), dan aplikasi messenger smartphone (BlackBerry Messenger, whatsapp, LINE, KakaoTalk, dan lain sebagainya). Selanjutnya akan dibahas kelebihan dan kekurangan dari masing-masing web atau aplikasi tersebut. Pertama, email. Dalam penggunaannya, email memiliki beberapa kelebihan, yaitu: mudah, pengguna cukup menuliskan alamat yang dituju. Cepat, hanya memerlukan beberapa detik dalam proses pengiriman. Murah, pengiriman pesan lewat email lebih murah dibandingkan lewat pos/ telepon. Multiple send, pesan dapat dikirimkan ke beberapa orang sekaligus. Dan dapat melampirkan beberapa file teks dan gambar. Sedangkan kekurangan dari penggunaan email yaitu: computer harus dalam keadaan terhubung internet, tidak real time, dan jika tidak hati-hati fasilitas email dapat digunakan untuk menyebarkan virus komputer.

Berikutnya adalah  social network (facebook, twitter, skype, dan lain sebagainya). Kelebihannya antara lain: dapat berkomunikasi secara real time, tidak hanya via chatting namun dapat melalui video chat, mendapatkan informasi lebih cepat, terutama twitter. Lebih mudah menyebarkan informasi dan terdistribusi secara luas. Selain sebagai media komunikasi dapat digunakan sebagai media promosi, Facebook memiliki beberapa fitur yang menarik, seperti: event, anti fake and spam, tag photo, pencarian teman yang lebih efisien dan cepat. Sedangkan kelemahannya yaitu sering disalahgunakan untuk melakukan tindakan kriminal (penipuan jual beli online, pornografi, virus computer, dan lain-lain). Terakhir, aplikasi messenger smartphone (BlackBerry Messenger, whatsapp, LINE, KakaoTalk, dan WeChat). Masing-masing aplikasi tersebut memiliki kelebihan dan kelemahan. Secara umum kelebihan aplikasi-aplikasi tersebut antara lain: memungkinkan penggunanya untuk melakukan obrolan dengan menggunakan teks, gambar, dan suara, dapat mengirim pesan ke semua orang yang ada di kontak (broadcast), dapat digunakan antar platform (kecuali BlackBerry Messenger), dilengkapi dengan berbagai macam emoticon dan sticker yang menarik (LINE), memiliki fitur untuk menelpon secara gratis (KakaoTalk).
Aplikasi messenger smartphone yang umum digunakan

             Selain kelebihan-kelebihan di atas, ada beberapa kekurangan dari masing-masing aplikasi tersebut. Kekurangan BBM di BlackBerry adalah berbayar setiap bulannya dan hanya dapat digunakan bagi pengguna BlackBerry (memiliki PIN tertentu), namun saat ini sudah dapat digunakan oleh beberapa pengguna andoid dan iOS. Kekurangan dari aplikasi yang lain adalah harus berbayar setiap tahun sekali, pengguna tak dikenal dapat mengirim pesan karena berbasis nomor ponsel.
        Sebagai penutup, teknologi dalam Computer Mediated Communication digunakan untuk memudahkan manusia dalam berkomunikasi dan medapatkan informasi. Mulai dari teknologi hardware hingga teknologi software. Teknologi apapun bentuknya memiliki dua sisi, ada kelebihan yang dapat membantu pekerjaan manusia, dan ada kekurangan yang dapat merugikan manusia itu sendiri. Oleh karena itu kita dituntut untuk bijak dalam menggunakan teknologi, termasuk menggunakan komputer sebagai media komunikasi.
Sumber:
http://www.mobgenic.com/2012/07/30/kabel-bawah-laut-yang-menghubungkan-dunia/


 

No comments:

Post a Comment