Welcome

Selamat Datang di Blog Pendidikan Vokasional Konstruksi Bangunan

10.04.2018

Fasilitasi Distance Learning SIBIMA Konstruksi, Rumpun Teknik Sipil Jalin Kerja Sama dengan Kementerian PUPR

Rabu, 3 Oktober 2018 bertempat di Aula Gedung Ki Hajar Dewantara Lantai 8, Sosialiasi Pelatihan Jarak Jauh SIBIMA (Sistem Informasi Belajar Intensif Mandiri) Bidang Konstruksi dilaksanakan. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Bina Konstruksi dengan Rumpun Teknik Sipil FT UNJ. Acara yang dihadiri oleh 160 orang peserta terdiri dari mahasiswa dan alumni S1 Pendidikan Teknik Bangunan (PTB), mahasiswa D3 Teknik Sipil, dan alumni Teknik Sipil Undip.

R.Eka Murtinugraha, M.Pd selaku koorprodi S1 PTB pada sambutannya menyambut baik kegiatan yang diinisiasi oleh Balai Penerapan Teknologi Konstruksi. Selanjutnya, beliau berharap alumni dan mahasiswa Teknik Sipil UNJ khususnya dapat menyelesaikan pelatihan jarak jauh SIBIMA Konstruksi ini dan nantinya berpeluang mendapatkan SKA (Sertifikat Keahlian) Ahli Muda sesuai bidang keilmuan konstruksi masing-masing.

Acara dilanjutkan dengan penjelasan tentang SIBIMA Konstruksi dan alur sertifikasi yang disampaikan oleh perwakilan Balai Penerapan Teknologi Konstruksi Direktorat Jenderal Bina Konstruksi, Rezza Munawir ST, MT. MMG. Setelah mendengar penjelasan tersebut, peserta mempraktikkan langsung penggunaan aplikasi SIBIMA Konstruksi yang dipandu oleh Dwi Citra Hapsari, S.Pd. Salah satu manfaat mengikuti pelatihan jarak jauh (distance learning) SIBIMA Konstruksi, sertifikatnya dapat digunakan untuk mengikuti uji kompetensi Ahli Muda tanpa harus magang 1 tahun. (SE Ka. LPJKN no.: 04/SE/LPJK-N/II/2015) dan dapat digunakan sebagai masukan SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah). Tujuan utamanya bermuara pada sertifikasi lulusan teknik sipil agar memiliki standar kompetensi yang diakui oleh perusahaan. Melalui sertifikat tersebut, lulusan teknik sipil mendapat pengakuan kompetensi di dunia kerja dan menjadi jaminan mutu ahli muda teknik sipil. (MAR)




No comments:

Post a Comment