Welcome

Selamat Datang di Blog Pendidikan Vokasional Konstruksi Bangunan

10.11.2018

Rumpun Teknik Sipil Adakan Pengabdian Masyarakat di Kampung Muara Gembong



Sabtu, 6 Oktober 2018 Rumpun Teknik Sipil kembali mengadakan kegiatan. Pada kali ini kegiatan yang diadakan adalah pengabdian pada masyarakat (P2M). P2M merupakan bagian dari kewajiban tri dharma perguruan tinggi yang wajib dilakukan dosen. Kecamatan Muara Gembong dipilih sebagai lokasi kegiatan karena telah bekerja sama dengan Fakultas Teknik selama satu tahun belakangan ini. P2M kali ini dipimpin langsung oleh koorprodi S1 PTB dan D3 Teknik Sipil, yaitu Bapak R. Eka Murtinugraha, M.Pd dan Ibu Lenggogeni, M.T. Dosen-dosen yang terlibat pada kegiatan ini di antaranya: Dr. Tuti Iriani, M.Si, Drs. Santoso Sri Handoyo, M.T, Kusno Adi Sambowo, Ph.D, Drs. Doddy Rochadi, M.Pd, M. Agphin Ramadhan, M.Pd, Ir. Tri Mulyono, M.T, Ir. Mahendra Arvai Ks. M,M, Drs. Arris Maulana, M.T, Adhi Purnomo, M.T, Sittati Musalamah, M.T, dan Anisah, M.T.


Bus berangkat dari UNJ pukul 06.45 WIB. Perjalanan menuju Muara Gembong memakan waktu sekitar 4 jam. Sekitar pukul 10.30 WIB rombongan dosen tiba di lokasi, yaitu di SMK Nahdlatul Ilmi YASMI. Bapak Syaifullah selaku ketua yayasan dan Bapak Susanto, perwakilan kecamatan Muara Gembong menyambut baik diadakannya kegiatan P2M ini. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini agar tidak hanya formalitas namun ada tindak lanjut sehingga kebermanfaatan program P2M dapat dirasakan oleh masyarakat Muara Gembong.

Selanjutnya paparan dilakukan oleh masing-masing tim dosen, yaitu:

  1. Dr. Tuti Iriani, M.Si dan M. Agphin Ramadhan, M.Pd menyampaikan “Pelatihan Manajemen Bank Sampah bagi Masyarakat di Kecamatan Muara Gembong.
  2. Ririt Aprilin Sumarsono, S.T, M.Sc.Eng dan Sittati Musalamah, M.T menyampaikan “Pemanfaatan Sampah Anorganik Sebagai Upaya Menjaga Lingkungan di Kecamatan Muara Gembong”.
  3. Drs. Santoso Sri Handoyo, M.T dan Drs. Arris Maulana, S.T, M.T menyampaikan tentang “Peningkatan Kompetensi Tenaga Kerja Konstruksi di Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi. 
  4. Lenggogeni, S.T, M.T dan Adhi Purnomo, S.T, M.T menyampaikan “Peningkatan Kemampuan Estimasi Biaya Konstruksi Bangunan Sederhana bagi Warga Muara Gembong Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Penyedia Jasa Konstruksi Kecil dan Perorangan
  5. R. Eka Murtinugraha, M.Pd dan Anisah, M.T menyampaikan “Peningkatan Pemahaman K3 Pekerjaan Konstruksi bagi Tukang Bangunan di Kecamatan Muara Gembong”
  6. Drs. Prihantono, S.T, M.Eng dan Kusno Adi Sambowo, Ph.D menyampaikan “Peningkatan Pengetahuan Masyarakat tentang Perawatan Bangunan di Kecamatan Muara Gembong”
  7. Drs. Doddy Rochadi, M.Pd dan Ir. Mahendra Arvai Ks, M.M menyampaikan “Pembuatan Model Sistem dan Teknik Penjernihan Air Sederhana Reserve Osmosis (Ro) Menggunakan Pipa PVC di Muara Gembong untuk Higienis Sanitasi.
  8.  Ir. Erna Septiandini, M.T dan Drs. Arif Saefudin, M.Pd menyampaikan “Mengurangi Risiko Bahaya Banjir ROB Melalui Peningkatan Pengetahuan Akan Mitigasi Bencana Warga Kampung Betung – Muara Gembog Sebagai Upaya Menjaga Lingkungan Berkelanjutan”
  9.  Ir. Tri Mulyono, M.T dan Vivian Karim Ladesi, M.T menyampaikan “Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan Pantai di Muara Gembong sebagai Upaya Menjaga Lingkungan Berkelanjutan





No comments:

Post a Comment